Pj Wali Kota Sidak Parkir Elektronik di Peunayong Banda Aceh   Administrator         30 Agustus 2022         10:20:02         66x

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, melakukan sidak pelayanan e-parking cashless (parkir elektronik non tunai) di Jalan Ratu Syafiatuddin, Peunayong, Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin (29/8/2022). Sidak tersebut dilakukan Bakri Siddiq untuk memastikan kesiapan dinas terkait dalam menghimpun perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banda Aceh. Salah satunya melalui parkir.

Bakri sempat berbincang dengan petugas parkir di sana seusai kunjungan silahturahmi dengan Kepala Perwakilan Harian Waspada dan Tim Redaksi Waspadaaceh.com, yang berkantor di kawasan Peunayong. Bagaimana penerapan e-parking di sini? Aman,” kata Bakri sepenggal cerita di sore itu bersama petugas jaga loket e-parking.

Kadis Perhubungan Kota Banda Aceh Wahyudi mengatakan, Pemko Banda Aceh telah menerapkan program digitalisasi parkir elektronik dengan metode pembayaran secara non tunai. Pembayaran non tunai ini menggunakan uang elektronik berbasis QRIS dari ponsel dan uang elektronik berbasis kartu sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sektor perparkiran. Kita ingin membuat sistem parkir namanya e-parking yang lebih terukur dan jelas penerimaannya. Tidak seperti selama ini yang manual, kutipan. Dengan sistem ini, penerimaan retribusi parkir kita lebih efektif dan tercatat,” kata Wahyudi.

Sistem ini, kata Wahyudi, akan diterapkan secara perlahan ke seluruh wilayah Kota Banda Aceh. Tujuannya agar lebih memaksimalkan penerimaan PAD, salah satunya dari sektor parkir agar lebih optimal. Dengan sistem ini lebih tercatat by system dan on the track. Berapa kendaraan yang masuk dan keluar tercatat secara digital. Penerimaan juga langsung masuk secara jelas ke PAD kita. Insha Allah, kita bisa menerapkan sistem ini dengan baik,” ungkapnya. Wahyudi pun menyatakan sistem pembayaran secara digital ini bisa dilakukan dengan e-money apa saja. Baik itu Gopay, scan barcode QRIS serta menggunakan e-toll atau kartu tol. Beragam pilihan pembayaran tersedia di setiap loket keluar e-parking ini.

Sumber : waspadaaceh.com

KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDA ACEH


IMG_6386QPuji syukur kehadirat Allah S.W.T dengan rahmat dan hidayah nya Official Web Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh dapat diselesaikan. Official Web ini dibuat dalam rangka mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Dinas Perhubungan dan untuk memenuhi ketentuan dalam Undang-undang No. I4 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai salah satu sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik  terhadap segala penyelenggaraan badan publik.

Dengan berbagai kekurangan dan keterbatasan, Official Web Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh kiranya diharapkan dapat bermanfaat dalam mengembangkan masyarakat yang informatif. 

Wahyudi, S.STP