Traffic Light Simpang 5 Banda Aceh Telah Dilengkapi Live Voice Announcer   Administrator         02 Januari 2019         10:03:36         325x

BANDA ACEH - Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh telah memasang live voice announcer (pesan suara) yang disampaikan langsung dari Command Center Room (CCRoom) di Traffic Light Simpang 5 Kota Banda Aceh.

Pemasangan alat ini bertujuan menyampaikan pesan-pesan berlalu lintas kepada pengguna jalan raya dan mengurai kemacetan. Rencananya, alat yang sudah terpasang segera difungsikan.

Kadishub Kota Banda Aceh, Drs. Muzakkir, M.Si melalui Kabid Lalu-Lintas dan Angkutan M. Zubir, S.SiT, M.Si mengatakan, dalam waktu dekat alat itu juga akan dipasang di Simpang Lainnya jika dapat berfungsi dengan efektif.

“Melalui voice announcer tidak hanya imbauan lalu lintas yang dapat disampaikan. Melainkan apabila ada pelanggaran dapat diingatkan secara langsung melalui Command Center Room (CCRoom),” ujar Zubir.

Ia menambahkan, untuk memonitoring lalul intas di persimpangan, selama ini juga telah dipasang CCTV. Sehingga dapat terpantau situasi lalu lintas dari Command Center Room (CCRom), dan Smart Phone melalui aplikasi http://bass.bandaacehkota.go.id/.

Pemasangan VA merupakan langkah konkret pengembangan Intelligent Transport System (ITS). Zubir menyebut, VA merupakan salah satu komponen Area Traffic Control System (ATCS). Saat ini, ATCS sudah terintegrasi dengan Variable-Message Sign (VMS). Sistem ini dibangun untuk mempermudah Dishub mengawasi lalu lintas.

“Kami ada 6 petugas yang berjaga ATCS. Jika petugas melihat ada pengendara yang tidak tertib, seperti berhenti di persimpangan yang menyebabkan macet atau melewati garis henti pada zebra cross, maka petugas langsung menegur pengendara tersebut melalui VA, agar tidak berhenti sembarangan maupun mundur sampai belakang garis henti, sehingga zebra cross bisa digunakan pejalan kaki untuk menyeberang,” bebernya.

IMG-20190101-WA0017-1024x682

KEPALA DINAS

kadisPuji syukur kehadirat Allah S.W.T dengan rahmat dan hidayah nya Official Web Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh dapat diselesaikan. Official Web ini dibuat dalam rangka mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Dinas Perhubungan dan untuk memenuhi ketentuan dalam Undang-undang No. I4 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai salah satu sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik  terhadap segala penyelenggaraan badan publik.

Dengan berbagai kekurangan dan keterbatasan, Official Web Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh kiranya diharapkan dapat bermanfaat dalam mengembangkan masyarakat yang informatif.

Drs. Muzakkir Tulot, M.Si